Kamis, 04 Februari 2010

Laptop Acer 4520 mati ?




Kok judulnya gitu...xixixi.. di sini akan saya sampaikan tentang keluh kesah saya terhadadap Acer seri ini. Sudah bebarapa kali saya menjumpai kasus Acer 4520 mati total dan dicek ternyata motherboardnya yang rusak dan susah diperbaiki, padahal pernah juga lho seri ini dikirim ke service centre Acer resmi baik Jakarta ataupun Yogya dan beberapa tempat servis yang lain, tapi di sana tetap nihii alias gagal juga, dan yang parahnya sudah gagal ada beberapa tempat servis yang mengenakan biaya sampai ratusan ribu rupiah. Sayang sekali bukan? (Padahal kalu saya servis gagal gak dikenakan onkos servis tuh,malah terkadang saya rugi dengan sparepart yang sudah saya beli ataupun rugi waktu dan pikiran). Bagi Anda yang memiliki Acer seri ini sebaiknya berhati-hati dan dirawat dengan sebaik mungkin karena motherboard sangat rentan terhadap panas (CPU overheat).
Sebaiknya laptop dikasih fan/kipas tambahan di bawah body laptop, jangan terlalu lama untuk memakainya kalau tidak terlalu penting...biar awet hehehe..
Laptop seri ini memiliki bug pada flashbiosnya yang mengakibatkan kemampuan dan kestabilannya masih kurang.
Kalau begitu biosnya perlu diupdate donk? eit... tp hati-hati loh kalau pengin meng-updatenya,karena salah2 laptopnya bisa matot alias mati total.Pada saat proses peng-update-an harus dilakukan dengan cara yang benar dan teliti. Jika tidak resiko yang kita tanggung cukup menyakitkan hati. jadi resiko tanggung sendiri...hehehe
Nah, bagaimana cara melakukan proses update flash BIOS tersebut?
Untuk proses update flash BIOS, sebelumnya harus disiapkan dulu program flash BIOS versi terbaru untuk notebook Acer Aspire 4520 yaitu versi 1.3619 download di sini
atau juga download di sini
Atau versi yang diatasnya jika sudah ada. Coba silahkan dicari via Google aja untuk informasi yang terbaru. Berikut ini step by step proses yang dilakukan pada saat update flash BIOS pada notebook Acer Aspire 4520 :
1. Ekstrak file BIOS hasil download pada salah satu folder di laptop.
2. Jika sudah diekstrak, pilih file SWinFlash.exe dan eksekusi dengan status user sebagai Administrator pada sistem operasi Windows XP hingga tampil seperti pada gambar berikut :



3. Pilih opsi Backup BIOS and Flash BIOS with New Setting, untuk membuat backup BIOS versi lama yang ada di laptop dan melakukan proses update flash BIOS versi terbaru.

4. Beri nama tertentu untuk file backup flash BIOS versi lama yang ada dengan ekstensi *.bak pada folder tertentu di laptop.

5. Pilih file flash BIOS baru dengan ekstensi *.wph, *.rom, atau *.bin dari folder file yang sudah diekstrak tadi.

6. Kemudian pilih tombol Flash BIOS untuk melakukan proses backup sekaligus flash BIOS versi terbaru, dan tunggu hingga proses benar-benar selesai.

7. Jika proses sudah dilakukan dengan sempurna, maka laptop akan melakukan restart.

Jika step by step proses update BIOS sudah dilakukan dengan baik pada notebook Acer Aspire 4520, setelah laptop melakukan restart maka laptop akan hidup kembali dengan normal. Atau sebelumnya pada saat booting dapat kita mengecek BIOS dengan menekan tombol F2 dan akan tampil pada menu BIOS seperti pada gambar berikut ini :



Dengan demikian, flash BIOS pada notebook Acer Aspire 4520 telah di-update dengan sempurna.

Tapi gimana kalau kerusakannya pada hardware? okey... kita perlu tuntunan untuk itu
download di sini

Semoga berhasil ya bro...

2 komentar:

ashran on 28 Juli 2010 20.36 mengatakan...

numpang nanya nih bro... mungkin bro sempat ngalami hal yg sama pada laptop 4520 saya ini. kadang laptopnya gak bisa dinyalain, setelah tekan tombol power. lampu led cuma berkedip sekali dan mati lagi. dan berulang ulang sampe akhirnya bisa booting... dan trus udah beberapa hari ini saya gak bisa pake dvd-rw, soalnya dibios gak terbaca. kira2 apanya ya bro... apa dgn update bios bs??? ato ganti mainboard...??

Mas Baz on 28 September 2011 23.10 mengatakan...

sundul ...

Poskan Komentar

 

About Me

Baturaden, Purwokerto, Central Java, Indonesia

gagakhitam.co.cc Copyright © 2010 Powered by google